Rawatib Muakkadah dan Ghair Muakkadah

Mohon dijelaskan tentang sunat rawatib muakkadah dan ghair muakkadah? Kemudian pada rawatib ghair muakkadah apakah tidak sebaiknya diisi dengan tahiyyatul-masjid atau syukrul-wudlu? 0821-1600-xxxx

Shalat sunat rawatib adalah shalat sunat yang tetap dan rutin diamalkan setiap hari dan malam. Rawatib yang mengiringi shalat wajib ada yang muakkadah (sangat ditekankan dan jangan sengaja ditinggalkan) dan ada yang ghair muakkadah (tidak ditekankan atau sesekali boleh sengaja ditinggalkan). Istilah ini merujuk pada sitematisasi Wahbah az-Zuhaili dalam al-Fiqhul-Islami wa Adillatuhu bab nawafil ‘indas-syafi’iyyah dan nawafil ‘indal-hanabilah. Dalam istilah Imam as-Syirazi dan an-Nawawi dalam al-Muhadzdzab dan al-Majmu’ adalah adnal-kamal (sempurna yang minimal) untuk muakkadah dan al-akmal (paling sempurna) untuk ghair muakkadah (bab shalatit-tathawwu’). Sementara dalam Syarah Shahih Muslim, Imam an-Nawawi memasukkan seluruhnya dalam kelompok sunat rawatib tanpa memberi kategori muakkadah-ghair muakkadah (bab fadllis-sunanir-ratibah).

Rawatib muakkadah terdiri dari 10 raka’at: 2 qabla (sebelum) shubuh, 2 qabla zhuhur, 2 ba’da (setelah) zhuhur, 2 ba’da maghrib, dan 2 ba’da isya. Dasar dalilnya hadits Ibn ‘Umar ra sebagai berikut.

عَنْ ابْنِ عُمَرَ  قَالَ حَفِظْتُ مِنْ النَّبِيِّ ﷺ عَشْرَ رَكَعَاتٍ رَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَهَا وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْمَغْرِبِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ بَعْدَ الْعِشَاءِ فِي بَيْتِهِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ صَلَاةِ الصُّبْحِ.

Dari Ibn ‘Umar ra, ia berkata: “Aku ingat dari Nabi saw 10 raka’at; dua raka’at qabla zhuhur, dua raka’at ba’da zhuhur, dua raka’at ba’da maghrib di rumahnya, dua raka’at ba’da ‘isya di rumahnya, dan dua raka’at qabla shubuh.” (Shahih al-Bukhari bab ar-rak’atain qablaz-zhuhr no. 1180)

Sementara rawatib ghair mukkadah terdiri dari 18 atau 20 raka’at: 4 qabla zhuhur, 4 ba’da zhuhur, 4 atau 2 qabla ashar, 2 qabla maghrib, dan 2 qabla isya. Jika dijumlahkan dengan yang muakkadah berarti keseluruhannya delapan waktu, yang dikecualikan hanya ba’da shubuh dan ba’da ‘ashar. Dasarnya adalah hadits-hadits berikut.

وَعَنْ عَائِشَةَ : أَنَّ النَّبِيَّ ﷺ كَانَ لَا يَدَعُ أَرْبَعًا قَبْلَ الظُّهْرِ وَرَكْعَتَيْنِ قَبْلَ الْغَدَاةِ. 

Dari ‘Aisyah ra: “Sesungguhnya Nabi saw tidak pernah meninggalkan empat raka’at qabla zhuhur dan dua raka’at qabla shubuh.” (Shahih al-Bukhari bab ar-rak’atain qablaz-zhuhr no. 1182)

مَنْ حَافَظَ عَلَى أَرْبَعٍ قَبْلَ الظُّهْرِ وَأَرْبَعٍ بَعْدَهَا حَرَّمَهُ اللَّهُ عَلَى النَّارِ

“Siapa yang merutinkan empat raka’at qabla zhuhur dan empat raka’at ba’da zhuhur, Allah akan mengharamkan neraka untuknya.” (Hadits Ummu Habibah ra dalam Sunan Abi Dawud bab al-arba’ qablaz-zhuhr no. 1269 dan Sunan at-Tirmidzi bab ma ja`a fir-rak’atain qablaz-zhuhr no. 428. Takhrij haditsnya bisa dibaca pada link: https://attaubah-institute.com/shalat-rawatib-zhuhur-empat-rakaat/ ).

رَحِمَ اللَّهُ امْرَأً صَلَّى أَرْبَعًا قَبْلَ الْعَصْرِ. 

“Allah merahmati seseorang yang shalat empat raka’at qabla ‘ashar.” (Hadits Ibn ‘Umar ra riwayat Ahmad, Abu Dawud, dan at-Tirmidzi dan Ibn Khuzaimah. Bulughul-Maram no. 382. Takhrij haditsnya bisa dibaca pada link: https://attaubah-institute.com/shalat-sunat-qabla-ashar/ )

بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ بَيْنَ كُلِّ أَذَانَيْنِ صَلاَةٌ لِمَنْ شَاءَ

Di antara dua adzan (adzan dan iqamah) ada shalat. Di antara dua adzan ada shalat. Di antara dua adzan ada shalat, bagi yang mau (Shahih al-Bukhari kitab al-adzan bab kam bainal-adzan wal-iqamah no. 624).

Pada waktu qabla shalat wajib maka yang disunnahkan adalah shalat rawatib qabliyyah. Sementara tahiyyatul-masjid dan syukrul-wudlu bisa di luar waktu itu. Wal-‘Llahu a’lam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *